Home » » Cara Menghitung Denda Terlambat Bayar Pajak STNK

Cara Menghitung Denda Terlambat Bayar Pajak STNK

Cara Menghitung Denda Terlambat Bayar Pajak STNK - Sampai sekarang ini hampir semua orang tidak tahu bagaimana proses perhitungan denda ketika kita terlambat bayar pajak STNK. Kebanyakan orang hanya tinggal bayar saja dan tidak tahu persis rinciannya seperti apa dan bagaimana. Agar kita tahu perhitungannya jika kita terlambat membayar pajak STNK, maka simak baik baik artikel yang sanha posting saat ini. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) merupakan bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. STNK berperan sebagai kelengkapan kendaraan bermotor ketika bergerak dijalan. Jadi, jangan sampai lupa bawa STNK ya jika mau bepergian dengan kendaraan bermotor.

Cara Menghitung Denda Terlambat Bayar Pajak STNK

Untuk mengetahui perhitungan denda terlambat bayar pajak STNK ada beberapa istilah yang perlu anda ketahui yaitu

1. BBN KB

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) dihitung dari 10% dari harga motor (off the road atau baru). Untuk kendaraan bekas dihitung 2/3 pajak PKB (Pajak Kendaraan Bermotor).

2. PKB

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) saat ini terhitung 1,5% dari nilai jual motor, besaran ini bersifat mundur setiap tahun, seiring dengan penurunan niali juat motor.

3. SWDDKLLJ

Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDDKLLJ), biaya ini dikelola oleh Jasa Raharja untuk santunan pada korban kecelakaan lalu lintas dengan kendaraan bermotor.

4. Biaya Administrasi (ADM)

Perhitungan biaya administrasi dikenakan pada saat pergantian plat nomor (5 tahun sekali). Atau juga dikenakan pada saat balik nama. Besarannya tidak tentu.

Nah keempat istilah diatas perlu anda ketahui sebelum anda dapat menghitung besaran denda pajak STNK pada saat terlambat membayarnya.

Secara teori, jika anda terlambat membayar pajak STNK maka anda akan dikenakan denda PKB + Denda SWDKLLJ. Sebagai contoh jika anda terlambat bayar pajak STNK selama 3 dan 6 bulan maka rumusnya adalah:


Rumus terlambat 3 bulan = (PKB x 25% x 3/12) + Denda SWDKLLJ

Rumus terlambat 6 bulan = (PKB x 25% x 6/12) + Denda SWDKLLJ
Itulah tadi cara menghitung denda pajak STNK ketika kita terlambat membayarnya, namun alangkah baiknya jika kita jangan sampai terlambat membayar pajak. Ingat "Orang Bijak Taat Pajak"
Itulah informasi terbaru dari sanha. Apabila anda merasa tertarik dengan informasi yang saya posting hari ini. Anda bisa menyebarluaskan informasi ini dan tentunya sesuai etika yang baik. Semoga artikel Cara Menghitung Denda Terlambat Bayar Pajak STNK bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan ke teman anda dengan cara share dibawah ini.
Share this article :

2 comments:

Info Terbaru

Popular Posts

Followers

 
Support : Toko RPP | Berita Cerita Kisah | Info Kampus
Copyright © 2013. Berita Cerita dan Kisah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger